0%
Senin, 03 Oktober 2022 17:46

Mia Zhiema Berbagi Cerita Lewat Beri Ruang

source: WYNN Models
source: WYNN Models

Mia Zhiema bercerita soal awal mulanya terjun ke industri modelling dan dirinya yang selalu berbagi cerita lewat forum "Beri Ruang".

  1. Apa Yang Membuat Kak Mia Terjun Ke Dunia Modelling? Dan Siapa Role Model Kak Mia?

Dari kecil kemauan atau cita-cita saya itu ada dua yaitu menjadi pasukan paskibraka dan model. Saat jadi anak paskibraka semuanya diizinkan, berbeda dengan saat menjadi model, orangtua masih ada pandangan negatif jadi melakukan apapun sangat susah. Sampai akhirnya bertemu dengan orang-orang (tim) model di Makassar saat ikut lomba di smansa dan sampai sekarang dipanggil untuk ikut atau terjun ke dunia modelling. Kalo role model saya itu Adriana Lima sih, dia itu modelnya Victoria secret.

 

  1. Apa Yang Menjadi Bekal (Motivasi) Kak Mia Sampai Sekarang Ini Menjadi Seorang Model Terkenal?

Ada satu orang yang sangat berjasa namanya Kak Sani. Tapi, sekarang beliau sudah tidak ada. Kak Sani ini adalah salah satu karyawan di Trans Studio, saya bertemu dia saat ada show di TSM namanya Weekly. Dari situlah saya belajar otodidak dan memang tidak pernah ikut dalam modelling school.

 

  1. Ceritakan Bagaimana Awal Bergabungnya Kak Mia Dalam Wynmodels Dan Apa Ada Kisah Menarik Dibalik Itu?

Kemarin tau Wynmodels itu setelah ikut beberapa event seperti F8 dan Femme. Di event F8 itu koreografer dan tim produksinya dari Jakarta dan berteman dengan founder Wynmodels. Mereka yang merekomendasikan saya dan teman saya di Wynmodels. Pas Femme 2017 saya bertemu dengan Mas Adwin kebetulan mereka ikut juga berpartisipasi di event itu. Disitu saya diminta untuk gabung di Wynmodels tapi saya masih di bangku kelas 2 SMA. Lucunya saat fashion week Femme 2018 bersamaan dengan ujian nasional. Jadi saya mengikuti ujian nasional sambil fashion show.

 

  1. Apa Sih Dampak Yang Sangat Dirasakan Ketika Orang Melihat Kak Mia Ini Sebagai Model?

Dampak yang saya rasakan sebagai model itu saya agak lebih takut, takutnya bukan karena apa. Tapi saya takutnya dikira sombong, biasanya pandangannya orang kalo model di cap sombong. Padahal tidak begitu, saya bawaannya santai saja, saya memang seterbuka itu.

 

  1. Apa Resiko Menjadi Seorang Model? Dan Apakah Model Adalah Pekerjaan Yg Berat?

Setiap pekerjaan pasti berat, tergantung dari kitanya yang mengalaminya. Kalo menurut saya selama kita senang menjalani walaupun bikin capek sekali tapi balik lagi karena saya memang senang melakukannya jadi tetap dilakuin. Resikonya sendiri pasti ada, orang tua juga masih taunya kalo model itu arahnya negatif. Tapi, semakin kesini, orang tua mulai terbuka karena agensi saya sendiri sudah menganggap orang tua saya sebagai keluarga juga.

 

  1. Selain Karir Dalam Dunia Permodelan, Kak Mia Juga Membuat Wadah Beri Ruang, Apa Alasan Dibalik Itu?

Beri ruang itu sebenarnya tugas kuliah. Jadi, ada banyak kegiatan campaign yang saya lakukan karena kuliahnya ambil jurusan ilmu komunikasi dan marketing. Di mata kuliah saya ada praktek untuk membuat sebuah kegiatan. Kuliah juga sekarang masih online alhasil dibuatnya melalui sosial media. Beri ruang itu memberikan ruang untuk orang-orang yang ingin menceritakan kisah pribadinya sedamgkan mungkin ada beberapa privasi yang tidak harus diceritakan. Beri ruang lebih ke social campaign.

 

  1. Apa Titik Terendah Kak Mia Yang Pernah Didapatkan Selama Berkarir?

Titik terendah yang pernah saya alami banyak sih, apalagi saat adanya pandemi. Karena saat ini segala jenis pekerjaan sudah kena imbasnya termasuk industri fashion, seperti tidak bisa fashion show secara langsung. Tapi semakin kesini sudah agak membaik, kemarin sempat ngedrop jadi pulang ke Makassar, karena mikirnya tidak dapat kerjaan dan untuk foto pun juga masih sangat susah.

 

  1. Apa Yang Menjadi Goals Kak Mia Bagi Diri Sendiri Dan Juga Goals Bagi Orang Lain (Masyarakat)?

Saya punya goals itu sukses sebelum umur 25, dan goals bagi orang lain terutama dalam beri ruang itu saya tidak kerjakan sendiri. Jadi semoga beri ruang bisa jalan terus dan bermanfaat bagi orang lain.

 

  1. Melihat Adanya Perkembangan Yg Cukup Signifikan Dalam Industri Permodelan Di Makassar, Bagaimana Kak Mia Melihat Hal Itu Dan Apa Harapan Kedepannya?

Senang sih sebenarnya melihat perkembangan fashion di Makassar. Beda dengan dulu pas awal-awal saya join di dunia model di Makassar itu kriterianya harus cantik, putih, tinggi sedangkan saya sadar kalo bukan tipikal cewek yang cantik. Tapi, saya punya keunikan dan pindah ke Jakarta melihat banyaknya agensi-agensi yang memulai dengan mengambil model-model yang unik dan berkarakter itu suatu pencapaian yang baik di Makassar. Semoga kedepannya semakin banyaklah hal yang lebih baik lagi dalam dunia model. Tidak harus dipukul rata untuk memandang model itu negatif. Tapi, kita balik lagi ke modelnya masing-masing ingin menjalankan diri mereka kearah mana.

Penulis : Alfarezar
Populer